Sabtu, 02 Juni 2012

Pendidikan di Indonesia Memprihatinkan

Pendidikan di Indonesia saat ini kondisinya memprihatinkan, karena sekitar 21 persen sekolah dasar di kota kekurangan guru, kata Rektor Universitas Paramadina Jakarta Anies Baswedan. “Kondisi serupa juga terjadi di desa dengan angka kekurangan guru sekitar 37 persen, dan di desa terpencil sekitar 60 persen. Kondisi itu akan semakin parah pada lima tahun ke depan, karena sekitar 75 persen guru sekolah dasar (SD) di Indonesia pensiun,” katanya di Yogyakarta, Jumat.
Oleh karena itu, menurut dia pada diskusi publik mengenai peran pemimpin muda dalam
pendidikan, dirinya mencanangkan program bertajuk Indonesia Mengajar.  Melalui program tersebut, dirinya mengajak para pengajar muda untuk bertugas selama satu tahun di SD yang tersebar di lima kabupaten di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.  “Sebanyak 50 pengajar muda akan dikirim ke lima kabupaten, yakni Bengkalis (Riau) Tulang Bawang (Lampung), Passer (Kalimantan Timur), Majene (Sulawesi Barat), dan Halmahera (Maluku Utara),” katanya.
Ia mengatakan untuk memperkuat pendidikan harus dimulai dari pendidikan formal tingkat dasar. Namun, apabila tenaga pendidiknya tidak mencukupi, akan sulit untuk mewujudkan impian tersebut. “Kini saatnya saya mengajak kalangan generasi muda lulusan perguruan tinggi untuk mau berperan menjadi pengajar di wilayah terpencil guna memberikan motivasi dan mimpi kepada anak-anak di pelosok Indonesia agar lebih maju,” katanya.
Menurut dia, pendidikan adalah eskalator bangsa yang akan membawa perubahan terwujudnya Indonesia baru, sehingga mereka yang berada di kelas bawah bisa terangkat derajatnya, dan ikut memengaruhi kebijakan negara.  “Pendidikan merupakan alat yang tepat untuk menaikkan derajat seseorang, baik dari segi sosial maupun ekonomi. Dengan naiknya derajat seseorang dari sisi sosial ekonomi, bukan tidak mungkin mereka bisa mandiri, dan tidak menggantungkan segala hal pada negara,” katanya.

1 komentar:

rima-mrrt mengatakan...

pendidikan di Indonesia saat ini memang memprihatinkan,,
namun, sebagai generasi muda kita tidak bisa hanya mengkritik tanpa memberikan saran yang dapat membawa perubahan positif bagi pendidikan Indonesia kedepannya.